Selasa, 04 Mei 2021

Dalam Peningkatan Kemampuan Jaksa Pengacara Negara Sebagai Mediator Kejari Banjarnegara Mengikuti In House Training Bidang Datun Secara Virtual


Foto Dok. Intel

Banjarnegara (04/05/2021),- Kejaksaan Negeri Banjarnegara dalam hal ini oleh Kepala Kejaksaan Negeri Banjarnegara Sigid J. Pribadi, SH, MH bersama Kepala Seksi Perdata Dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Kejari Banjarnegara Dipo Iqbal, SH dan Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Perdata pada Seksi Perdata Dan Tata Usaha Negara Kejari Banjarnegara Anita Maimunah, SH mengikuti In House Training Bidang Perdata Dan Tata Usaha Negara yang diselenggarakan Secara Virtual melalui aplikasi zoom meeting pada hari Selasa tanggal 04 Mei 2021 bertempat di Ruang Vicon Kejaksaan Negeri Banjarnegara.


Foto Dok. Intel

Kegiatan In House Training Bidang Perdata Dan Tata Usaha Negara yang diselenggarankan oleh Jaksa Agung Muda Perdata Dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung RI dengan tema "Peningkatan Kemampuan Jaksa Pengacara Negara Sebagai Mediator" dengan narasumber AHMAD FAHMI SHAHAB, SE, MBL selaku Direktur Eksekutif Pusat Mediasi Nasional.

Pada materi yang disampaikan oleh narasumber salah satu poin materi yakni dalam hal Konsiliasi yaitu cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan (negosiasi) dengan bantuan Jaksa Pengacara Negara sebagai Konsiliator, untuk mengidentifikasikan masalah, menciptakan pilihan – pilihan, memberikan pertimbangan pilihan penyelesaian serta memberikan masukan/konsep/proposal perjanjian penyelesaian sengketa. Kemudian dalam hal Mediasi yaitu cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan (negosiasi) dengan bantuan Jaksa Pengacara Negara sebagai mediator untuk mengidentifikasi permasalahan dan mendorong tercapainya kesepakatan yang dibuat oleh para pihak sendiri. Dan terakhir dalam hal Fasilitasi yaitu cara penyelesaian permasalahan dengan bantuan Jaksa Pengacara Negara sebagai fasilitator untuk memfasilitasi para pihak yang mempunyai permasalahan tanpa terlalu jauh masuk dalam materi permasalahan.

Kegiatan In House Training Bidang Perdata Dan Tata Usaha Negara ini diikuti oleh Asisten Perdata Dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi, Kepala Seksi Perdata, Kepala Seksi Tata Usaha Negara, Kepala Seksi Pertimbangan Hukum serta para Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Tinggi serta Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Seksi Perdata Dan Tata Usaha Negara Dan Para Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri se - Indonesia. (Intel/Humas-KN.Bna)